Kebanyakan kita mengharapkan pemerintah kerajaan yang baik. Kita membuang undi, menjalankan tugas serta berjuang untuk perkara-perkara yang kita percaya adalah adil dan benar. Namun demikian, penyelesaian dari segi politik tidak pernah berkuasa untuk mengubah keadaan hati kita.

Kebanyakan pengikut Yesus menjangkakan seorang Mesias akan membawa kuasa politik yang hebat untuk menentang kerajaan Roma dan penindasannya. Petrus juga tidak terkecuali. Apabila askar Roma datang untuk menahan Kristus, Petrus mengeluarkan pedang lalu mengerat telinga kanan hamba Imam Agung itu.

Yesus menghentikan tindakan Petrus dan berkata, “Sarungkanlah pedangmu kembali! Aku harus minum cawan penderitaan yang diberikan oleh Bapa kepada-Ku” (Yohanes 18:11). Beberapa jam kemudian Yesus berkata kepada Pilatus, “Pemerintahan-Ku bukan dari dunia ini. Jika pemerintahan-Ku dari dunia ini, semua orang-Ku akan melawan supaya Aku tidak diserahkan kepada para penguasa Yahudi. Tidak, pemerintahan-Ku bukan dari dunia ini!” (ayat 36).

Walaupun Yesus berada di ambang maut, Dia tidak menggunakan kuasa sebagai Anak Tuhan untuk menentang para penguasa. Ini cukup mengagumkan ketika kita memikirkan tujuan-Nya datang ke dunia ini. Pada suatu hari nanti, Dia akan memimpin para tentera syurga untuk masuk ke dalam peperangan. Yohanes menulis, “Dia menghakimi dengan adil dan berperang untuk keadilan” (Wahyu 19:11).

Meskipun Dia melalui penangkapan, perbicaraan dan penyaliban, namun Yesus tetap mengutamakan kehendak Bapa-Nya. Dengan kerelaan-Nya untuk mati di atas kayu salib, Dia benar-benar telah mengubah hati manusia. Dalam hal itu juga, Penakluk Perkasa kita telah mengalahkan maut.